Wednesday, January 11, 2012

Tips Move On


Belakangan, sejak gue tersesat di dunia maya yang bernama twitter, gue sering nemu istilah galau, move on, dan jomblongenes. Nah salah satu yang gue bahas dari hal-hal yang di hebohkan anak-anak muda jaman sekarang itu adalah istilah move on.


Move on, dalam bahasa harafiah Indonesia bisa artikan maju.


Move on, disini mungkin orang-orang atau anak-anak muda mengartikan bahwa maju melangkah karena sudah lama berkecimpung dengan perasaan sedih, sendu, galau, dan ngenes. Mungkin lebih simple-nya kita sebut sebagai langkah menuju lembar baru kehidupan setelah pukulan berat terhadap hidup kita.


Bagi orang-orang yang ngga pernah atau mungkin belum pernah mengalami kegagalan yang amat sangat berat pasti menganggap move on itu hal yang mudah. Semudah kita membalikan tangan dan semudah mencabut bulu ketiak.


Ohh, tunggu dulu…



Move on itu ngga semudah itu, guys. Move on itu bener-bener sulit buat beberapa orang yang benar-benar terlanjur berharap jauh pada suatu hal, biasanya disini masalah cinta. Gue kasih contoh move on dalam masalah cinta karena itu yang paling gampang kita cari kasusnya. Buktinya TL sering dipenuhi kata-kata move on, kan?


Pernah gue ngobrol sama temen yang kebetulan habis patah hati. Namanya Mona, mukanya sedengan aja, duit sedengan, cuma (maaf) tetek-nya bener-bener bikin lelaki cepet-cepet pingin move on ke doi.


Doi punya prinsip, dilihat boleh dipegang jangan. Dari prinsip dia itu gue memikirkan suatu pemikiran licik, kalo di senggol dikit pasti boleh. Mungkin ini pemikiran yang sedikit cabul, tapi muka gue bisa dipastikan ngga cabul sama sekali.


Oke kita lanjutin lagi, temen gue Mona ini habis ditinggalin cowoknya, bukan ditinggal mati ataupun kabur, tapi cowoknya mutusin Mona karena doi homo, 
DOI HOMO!!!


Sengaja di ulang biar sedikit dramatis.


Sebut saja cowok ini bernama Bunga.
Bunga ini cakep banget, guys, mukanya ga kalah sama Ringgo Agus Rahman. Bunga ini badannya oke, kekar, putih, rambut polem, tajir, mobilnya mercy. Gue yakin cewek-cewek dibelakang udah pada ngiler. Gue juga yakin hal-hal ini yang buat Mona sulit buat move on nantinya.


Tapi disini yang lebih gue khawatirkan adalah nama samaran si cowok ini, Bunga terkesan seperti korban pencabulan om-om berdasi dan seperti korban pencabulan bapak tiri yang jahat.
Supaya lebih jelas jenis kelaminnya, nama samara gue ganti dengan Rahul walaupun tetep... Homo...


Nah, Mona ini diputusin karena Rahul lebih memilih jalan sama cowok pasangan homonya, sebut saja Anjani.
Siapa Anjani? Gue juga ngga ngerti siapa dia, dari mana, dan seperti apa rupanya. Yang gue tau Anjani ini juga seorang... Homo...


Malam itu gue dateng ke rumah Mona, dia telpon gue katanya dia mau curhat. Pas gue dateng….
BEUUUUHHHH !!! Mona pake pakaian yang  minim abis!
Cowok-cowok di belakang mending jangan baca, gue yakin bayangan kalian ngga jauh dari selangkangan.


Doi pake hotpant yang bener-bener ngga pantes disebut celana dan tank top yang entah kenapa gue yakin bener doi ngga pake daleman.


Karena pembicaraan ini makin ngga karuan dengan pikiran semacam ngeres, gue memutuskan langsung masuk pada topik cerita.


Akhirnya doi cerita kalau udah diputusin Rahul dengan alasan yang udah gue sebutin di atas tadi. Mona ngomong ke gue kalau dia pingin move on, dia meyakinkan diri harus move on, harus bisa maju!


Gue sih seneng-seneng aja temen gue udah mikir positif dengan sendirinya, tapi yang gue ngga habis pikir perkataan dia setelah itu.
Lebih detilnya seperti ini perbincangan kami.

“gue pingin banget MOVE ON!”, kata Mona sambil nangis.
“oke”, kata gue.
“gue harus MOVE ON!”, kata Mona lagi dengan tangis yang lebih mereda.
“oke”, kata gue.
“JAWAB YANG LAIN KAMPRET!”, kata Mona, kali ini doi ngga nangis sama sekali.
“….”, gue speechless, Mona speechless, Udin juga speechless.
“yaudah lo kan udah bisa mikir positif sendiri, silahkan move on”, kata gue, kali ini dengan lebih banyak kata supaya doi ngga marah .
“oke”, jawab Mona.


KAMPRET! Cape-cape gue ngomong ke doi, jawabannya Cuma “oke” doank?
Ini bener-bener KAMPRET SEKAMPRET KAMPRETNYA KAMPRET!
Gue kesel banget, akhirnya gue diem, Mona diem, Udin  juga diem.


“tapi…”, Mona melanjutkan pembicaraan.
“tapi apa?”, gue nanggepin.
“gimana nasib CICO? Siapa yang rawat dia?”,

Mona pun nangis lagi, gue bingung, Udin ikutan bingung.


Usut punya usut CICO ini boneka pemberian Rahul ke Mona saat pertama jadian. Boneka ini udah nemenin Mona 3 tahun (hubungan Mona udah berjalan sekitar 3 tahun dengan homo). Cico ini udah nemenin Mona kemana aja, dari mulai tidur, ke salon, belanja, sampe boker.


Dari situ gue mikir, move on itu gampang-gampang susah, tapi banyak susahnya. Move on itu jadi sulit karena kadang ada beberapa kenang-kenangan, benda berharga, atau bahkan pengalaman fantastis yang ngga bisa dilupain gitu aja.


Nah dari sini gue mau kasih #tipsMoveOn buat sahabat yang masih stuck di tempat, ini beberapa tips yang gue bisa kasih:
  • Kamu bukan penyembah berhala. Jadi kalo sayang banget sama benda pemberian mantan mending buang aja. Kalian bukan penyembah benda dan memuja benda kan?
  • Hargai kalo kamu masih hidup. Di tinggalkan kekasih ngga buat hidupmu berakhir/mati, masih ada cerita lain dalam lembaran hidupmu.
  • Kenangan itu bukan beban. Sadari kenangan seindah apapun yang dibuang sayang itu bukan suatu beban tapi pelajaran berharga.
  • Masih banyak yang lebih menderita. Kisah cinta itu banyak macamnya dan banyak penderitaannya, kamu bukan satu-satunya yang menderita, sadari itu.


Oke, segini aja pembahasan gue tentang move on, semoga bermanfaat.
MOVE ON GUYS!



Wassalam

1 comment:

  1. wahh makasih... saran2 nya.. gw memang ad sedikit masalah dgn yg namax move on... point no 3 sama 4, sungguh meyakinkan gw klo masih bnyak cerita lain dalam lembaran hidup gw,, thx min.. sukses

    ReplyDelete