Monday, August 13, 2012

#TipsMoveOn 2


Setelah 5 abad lupa password blog ini, akhirnya gue inget juga. Maklum jomblo, dapet pacar aja susah, apa lagi mengingat. #jomblongenes



Enggak kerasa lebaran udah tinggal sebentar lagi, jalanan udah mulai macet, toko-toko udah mulai tutup, kampus-kampus udah enggak ada ayam nya, dan yang pasti tempat makan sahur udah pada tutup. Karena hal terakhir tadi, belakangan gue cuma sahur pakai mie rebus atau bahkan kalo waktu mepet gue cuma sempet makan mie diremukin. Seneng sih berat badan turun drastis, tapi lebih banyak ngenesnya sih gara-gara gue susah BAB kebanyakan makan mie instan.



Jaman dulu yang namanya puasa, enggak tau kenapa, kerasa lebih bermakna. Jaman dulu yang namanya puasa kertas-kertas mercon bertebaran, perang sarung abis shalat di masjid, bahkan tiap subuh ada yang namanya "Asmara Subuh". Asmara Subuh ini rutinitas para jombloers untuk mencari gebetan, jaman dulu yang namanya ke masjid itu ada 2 tujuan utama buat jomblo sejati, yang pertama buat cari tanda tangan ustadz dan imam, yang kedua buat cari gebetan. Antara asik dan terkutuk sih, ke masjid bukan cari pahala malah cari paha saja.




Semakin dewasa, semakin gede, gue kasihan lihat anak-anak jaman sekarang. Mereka jadi kurang greget buat rasain yang namanya bulan Ramadhan, dalam hal ini gue enggak ngerasa rugi terlahir lebih cepat. Karena emang jaman gue SD sampai SMA masih kerasa banget yang namanya bulan Ramadhan. Masih sering ke masjid, masih sering cari gebetan, dan masih sering batal puasa.


Enggak tau kenapa Ramadhan semakin tahun kerasa makin cepet, mungkin karena kegiatan Ramadhan jaman sekarang juga makin monoton. Enggak lagi seasik dahulu yang penuh semangat. Jaman dulu gue sering banget ke masjid buat ikut kegiatan Ramadhan, jaman sekarang anak-anak muda boro-boro ke masjid, mereka lebih milih klinik tong feng sebagai tujuan utamanya.


Memang Ramadhan dulu lebih indah, tapi semua berubah saat negara api menyerang...



Btw, di posting gue kali ini, gue bakal bahas tentang #TipsMoveOn ke-2. Buat yang belum baca #TipsMoveOn yang pertama boleh buka posting lama gue.


Tips move on yang mau gue sampaiin sekarang ini terinspirasi dari tweet gue sendiri kemarin pagi (minggu pagi) pas lagi nge-tweet #WejanganSahur.



#WejanganSahur itu hastag yang gue pakai untuk kata-kata bijak mantap di saat bersantap sahur, untuk nemenin nge-tweet, dan juga untuk nemenin jomblo yang kesepian. Yah, wajar sih yang namanya jomblo kalo buka twitter paling sering refresh home. Kalo enggak ada gue, tiap sahur TL mereka pasti bakalan sepi, kasihan aja kalo TL sepi dan hati juga sepi. Hati sepi, TL sepi, facebook sepi, enggak ada yang comment, enggak ada yang reply, enggak ada yang retweet, mungkin lebaran besok kaum-kaum jomblo bakal pake friendster lagi kalo tetep kaya gitu. #cian



Buat kalian yang belum tau pembahasan #WejanganSahur gue kemarin, silahkan cek tweet-tweet dibawah ini:


Jomblo amanah 1


Jomblo amanah 2



Jomblo amanah 3


Jomblo amanah 4



Kegantengan meningkat 78%



Yap, itu #WejanganSahur yang gue tulis kemarin minggu pagi. Karena udah janji buat lanjutin lagi via blog, sekarang gue bakal jelasin semuanya lebih detil.



Tweet pertama gue menjelaskan tentang yang namanya perasaan dipengaruhi pikiran. Tweet ini sekaligus membantah anggapan bahwa perasaan itu mempengaruhi cara berpikir kita, selain itu dengan tweet ini yang namanya cewek 90% perasaan dan 10% akal juga terbantahkan. Kenapa? Karena yang namanya manusia enggak mungkin merasakan dulu baru berpikir, make sense? Jadi yang namanya orang galau, orang enggak bisa move on, dan orang yang ngerasain patah hati itu dipengaruhi oleh bagaimana cara pola pikirnya.

Bahsa mudahnya, galau itu adalah perasaan yang di lebih-lebihkan oleh pikiran.


Contoh sederhananya gini, saat elo jalan-jalan di mall ketemu lawan jenis yang cakep, pasti ada pemikiran "wah cakep bener". Kalau lo punya keberanian dan berpikir pantas untuk dapetin dia, pasti elo bakal ngerasa naksir/tertarik sama dia dan berusaha buat kenalan sama dia. Beda kalo lo ngerasa minder dan enggak pantes buat cewek itu, pasti elo cuma bakal sebatas memuji dia dan berlalu gitu aja.


Contoh lain dalam masalah selingkuh. Yang namanya selingkuh dan segala hal buruk pasti di awali dengan kesempatan. Kalau ada kesempatan berikutnya ada niat, niat itu muncul dari mana? Perasaan tertarik? Jatuh cinta? Bukan... Niat itu muncul karena pikiran kalian. Saat ada kesempatan dan kalian berpikir untuk menggunakan kesempatan itu, pastilah muncul perasaan berbeda pada pasangan elo. Karena elo udah punya pikiran untuk ambil kesempatan selingkuh, otomatis perasaan elo juga bakal mulai kehapus untuk pacar lo sendiri. Alhasil, karena kesempatan dan niat sudah ada, selingkuh pun terjadi dan dengan mudahnya lo menghianati pacar yang udah setia setengah mampus.



Dari berbagai contoh di atas, bisa disimpulkan bahwa manusia selalu berpikir baru merasakan di dalam hati. Enggak mungkin ada orang merasakan dalam hati baru berpikir dulu.



Dalam kasus cewek yang menggunakan 90% dan 10% akal juga begitu. Cewek itu lebih lemah mentalnya ketimbang cowok, mereka mudah down dan enggak pede. Alhasil perasaan dia juga sering atau selalu tertinggal pada masa lalu yang harusnya enggak perlu di inget-inget lagi. Mudah down dan enggak pede dalam hal ini misalnya dia mungkin aja berpikir kalau mantannya adalah cowok terbaik/tercakep/terkaya yang dia dapat selama ini, bisa juga dia enggak pede karena merasa enggak bakal dapet yang lebih lagi. Dari mana semua itu muncul? dari pola perasaan cewek itu sendiri, bukan itu semua dari pemikiran mereka.



Hal ini juga berguna buat jomblongenes diluar sana, saat mereka merasa enggak pede dan enggak pantas buat mencari pasangan, mereka juga enggak bakal pernah dapet pacar. Apa lagi cowok yang notabene sebagai "pemburu", kalau dia enggak pede buat mencari mangsa ya siap-siap aja jadi perjaka tua. 



Kalau untuk cewek, mereka enggak pede karena mungkin penampilannya, ya kenapa enggak berusaha mempercantik diri atau berusaha terlihat lebih anggun dengan inner beauty kalian? Ga perlu cantik, tapi menarik dengan inner kalian aja udah cukup kok untuk bikin cowok tertarik.


Dan yang terpenting yang namanya jodoh jangan terlalu ngoyo, karena Tuhan udah ciptain manusia berpasang-pasangan. Makannya harus Pede suatu saat nanti kalian tetep bakal menikah, yah... walaupun harus jadi jomblongenes lebih lama dari orang normal sih...



Oke, dari semua yang udah gue bahas di atas, gue bakal kasih 1 tips move on yang (semoga) berguna buat kalian:




Ubahlah pola pikir kamu

Kalau kamu pingin move on, semuanya diawali dari cara berpikir kamu. Saat kamu enggak PD bisa dapet yang lebih baik, takut enggak ada yang bisa nerima kamu lagi, atau kamu terlalu mengagumi sosok mantan kamu, cobalah untuk mulai berpikir sebaliknya.


Ya, guys, mungkin memang sulit merubah cara berpikir. Tapi coba kalian pikirin baik-baik, saat ada kesempatan selingkuh dan ada niat, perselingkuhan itu terjadi. Saat ada kesempatan tapi enggak ada niat, maka perselingkuhan bisa saja tidak terjadi. Yap! Semua memang tergantung bagaimana kita berpikir dan memantapkan niat kita. Saat kamu merasa patah hati, takut, dan enggak PD, cobalah berpikir kalau kamu bisa dapet yang lebih baik, lebih bisa ngertiin, dan cobalah berpikir kalian bisa tanpa dia. Gue jamin, pasti lo bisa lupain dia walaupun butuh proses.



Orang yang berpikir mantannya sebagai yang terbaik akan terus dihantui bayangan mantannya. Pada saat orang berpikir mantannya adalah orang biasa dalam kehidupannya, maka dia pasti akan move on dengan selamat. Setidaknya pikirkan 2 kalimat ini: 

"Berharap itu boleh, tapi jangan berlebihan. Ketimbang merasakan sakit yang lebih lagi karena lo dianggap murah (remeh) olehnya, lebih baik lo move on. Mulai untuk berpikir lo bakal dapet orang yang jauh lebih baik dan bener-bener bisa menghargai perasaan lo."



Mau move on? Ubah cara berpikir lo dulu. Selama cara berpikir lo tetep sama seperti semula, selamanya kamu bakal ngerasain yang namanya "mantan dibuang sayang".





Oke segitu dulu tips dari gue, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di posting-posting berikutnya. Wassalam~






2 comments:

  1. Okeeh Thanks Tipsnya Mas Doy O:)

    ReplyDelete
  2. sama-sama... thx udah baca & comment... :D

    ReplyDelete