Tuesday, July 16, 2013

#CreativeCharity - Day 1

Selamat pagi, siang, sore, dan malam! Selamat kapan pun kalian membaca posting blog gue kali ini.

Oke, setelah lama nggak posting tentang info-info dan tips menarik, di posting kali ini gue bakal share pengalaman #CreativeCharity yang bakal diadain di 7 kota berbeda! WOW!


#CreativeCharity itu apa sih?

Aduh, ini pertanyaan udah basi banget, buat kalian yang belum paham apa itu #CreativeCharity mending baca di blog-nya @shitlicious di sini ya. Yang pasti #CreativeCharity itu kelas untuk belajar sekaligus beramal yang digawangi oleh Alitt Susanto.


Awalnya #CreativeCharity ini adalah ide dan akan dijalani oleh Alitt seorang, tapi karena dia memikirkan jauhnya tujuan serta beberapa marabahaya yang bakal ditemuin di jalan, alhasil gue diajak juga untuk nemenin dia selama touring 7 kota ini. Naik mobil berdua, berasa homo.

Yang lebih keren lagi, salah satu penerbit besar di Indonesia, Bukune, juga ikut mendukung acara #CreativeCharity ini. Bakal ada editor yang datang di tiap kota untuk nemenin kami berdua, keren!


Nah, untuk posting kali ini gue bakal melaporkan tentang #CreativeCharity hari pertama, yang tentu saja di kota Jogja. Karena tujuannya amal, kami akan menunjukkan hasil-hasil yang ada di tiap kelas secara transparan di blog. Takut kena karma, apa lagi bulan Ramadhan, kan?



Hari ini adalah hari pertama dimana gue harus seminar di depan orang-orang setelah 6 bulan lulus kuliah. Rasanya deg-degan sekaligus menyenangkan. Buat gue, pengalaman dari mengajar ini modal untuk semakin baik dan semakin baik di masa depan.

Di #CreativeCharity ini gue ditugaskan untuk menjelaskan tentang karangan Fiksi, padahal gue sendiri masih penulis pemula. Tapi, bukannya tidak ada seorang yang profesional kalau belum pernah amatir? Makannya, acara ini juga gue pakai buat belajar bersama teman-teman yang hadir di dalam kelas. Intinya gue bukan pengajar, tapi sama seperti teman-teman di kelas, gue juga belajar.


Tadi gue sedikit grogi menjelaskan materi di depan orang-orang karena lama nggak seminar. Apa lagi materi yang gue bawa adalah pengalaman pribadi yang masih bisa dibilang cukup minim. Untungnya teman-teman yang datang asik semua, gue jadi merasa nyaman untuk menjelaskan materi di #CreativeCharity hari pertama ini.


Ada tiga sesi dalam kelas ini, yang pertama mengenalkan tentang fiksi, outline, serta karakter dalam tulisan (Gue), kedua tentang non-fiksi dan komedi (Alitt), dan yang terakhir ada tamu spesial dari Bukune, Mbak Widya yang menjelaskan tentang celah-celah agar naskah tembus ke penerbit.




Alitt Susanto sedang menari tor-tor di depan peserta.


Mbak editor ,@Widya_Oktavia dari Bukune sedang menjelaskan tentang penulisan yang baik dan benar di depan peserta.


Hasil donasi yang di dapat dari #CreativeCharity Jogja, terimakasih teman-teman JOGJA! :D


Di akhir sesi, Alitt memberi tugas dan bagi-bagi hadiah untuk peserta. Tugas yang diberikan adalah menulis kalimat Showing dalam beberapa paragraf. Hasilnya? Gila, banyak yang tulisannya keren!


NAH! Itu juga salah satu tujuan kelas #CreativeCharity ini, untuk mencari bakat-bakat penulis muda yang belum terlihat! Keren, kan? Makanya, buat kalian yang ada di Semarang, Jember, Surabaya, Malang, Klaten, dan Solo, ayo buruan daftar kelas #CreativeCharity ini. Tunggu kami datang ke kota-kota kamu ya! :D


Sekian dulu laporan gue dari Jogja, terimakasih buat teman-teman @standupUNY yang telah menyediakan kelas untuk kami, terimakasih teman-teman Jogja yang sangat antusias untuk acara ini. Sampai jumpa lagi di lain hari!



4 comments:

  1. aku melu pas semarang. lingguh ngarep pisan mbokk. nganti kemeng sikile :D

    ReplyDelete
  2. sip mas dion..
    yang di malang di post juga yak.. thanks..

    ReplyDelete
  3. Yg dimalang mas dion.... Jgn lupa kwkwkw

    ReplyDelete